artikel seo

Buat kamu yang hobi membaca pasti tak asing dengan tulisan artikel. Tulisan artikel banyak dipublikasikan diberbagai media cetak maupun media online seperti majalah, koran, jurnal ilmiah, jurnal online, blog dan lainnya. Seperti halnya saat ini, kamu juga sedang membaca artikel yang berjudul ‘’Artikel SEO: Pengertian, Kedudukan, dan Cara Menulisnya”. Ada beragam jenis dan tujuan dari publikasi artikel, salah satu tujuannya selain memberikan informasi pada pembaca yakni meningkatkan kualitas media website agar berada di halaman terbaik mesin pencarian seperti Google. Artikel diyakini sebagai cara untuk mengoptimasi website agar masuk di halaman terbaik Google atau dikenal sebagai salah satu langkah on page/on site dalam Search Engine Optimization.

Mungkin kamu masih bingung dengan cara penyusunan artikel yang bisa memenuhi standar SEO sehingga masih mencari banyak informasi dari berbagai sumber, termasuk dengan membaca artikel ini. Buat kamu yang ingin mengetahui informasi tentang cara menyusun artikel SEO, artikel berikut ini akan mengulasnya khusus buat kamu.

Apa itu Artikel SEO?

Artikel merupakan karangan faktual yang disajikan secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur (wikipedia).  Menurut KBBI, artikel merupakan sebuah karya tulis lengkap, adapun contohnya seperti teks esai dalam majalah atau berita. Artikel berisi tentang opini atau pendapat dari penulis tentang suatu permasalahan tertentu atau isu tertentu dimana memiliki tujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi, mengedukasi, meyakinkan atapun untuk menghibur para pembacanya.

Sedangkan SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha yang dilakukan agar website bisa mendapatkan peringkat paling atas dalam mesin pencarian Google dengan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Tujuan dari adanya upaya agar website berada dalam halaman tertinggi mesin pencarian tidak lain adalah untuk meningkatkan traffic pengunjung secara organik. Dengan adanya traffic yang tinggi memungkinkan pemilik website bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan tujuan dari pembuatan website itu sendiri. Teknik untuk melakukan SEO ada 2 yakni teknik on page dan off page. Artikel merupakan salah satu konten dalam website dan termasuk salah satu cara untuk melakukan teknik seo on page.

Sehingga artikel SEO adalah tulisan yang dipublikasikan dalam media online (dalam hal ini website) yang berisi informasi tentang suatu hal dan bertujuan untuk meningkatkan traffic pengunjung sehingga bisa menjamin peningkatan posisi teratas mesin pencarian Google. Artikel SEO ini biasanya ditulis oleh pakar SEO atau SEO Specialist, Namun setiap orang juga bisa menuliskan artikel SEO ini.

Baca juga: Bikin website, percuma kalau tidak dikelola

Kedudukan Artikel dalam Optimasi Website

Ada beberapa tujuan orang menggunakan SEO seperti memperkenalkan brand produk, personal branding, mengedukasi masyarakat digital, promosi produk tertentu, meningkatkan popularitas, meningkatkan visitor atau traffic pengunjung dan lain sebagainya. Bagi pemilik website bisnis, maka melakukan teknik SEO pada website bisa memberikan keuntungan seperti peningkatan popularitas brand produk, meningkatkan traffic pengunjung dan berakhir pada peningkatan konversi atau penjualan produk.

Buat kamu yang sudah mempelajari tentang teknik SEO tentunya kamu paham kedudukan artikel sangat penting dalam rangkaian proses seo on page. Menulis dan memperbanyak konten artikel dianggap sebagai cara yang cukup efektif untuk mengoptimasi website agar mudah bersaing dalam halaman terbaik Google. Jika kamu memahami prinsip dari mesin pencarian sebagai media penyedia informasi di seluruh Dunia, tentunya kamu paham bahwa ada prinsip “content is a king”. Dengan banyaknya konten yang berkualitas akan meningkatkan kualitas posisi website kamu di mesin pencarian. Memang untuk melakukan teknik seo on page tidak hanya dipengaruhi oleh pembuatan artikel saja, masih ada hal lainnya seperti link building, penyusunan meta tag, dan lainnya.

Ada beberapa manfaat dari penulisan artikel yakni sarana menyampaikan ide atau gagasan dari penulis serta mengembangkan kreatifitas dan imajinasi. Membantu berpikir sistematis serta menyusun bahasa secara teratur dan tertib. Membantu penulis dalam menguasai skill atau kompetensi menulis dengan baik. Sebagai sarana publikasi jasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah. Bisa memberikan dampak akademis atau mengedukasi pembaca tentang topik tertentu.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan SEO Website Bisnis dengan Mudah?

Struktur Penulisan Artikel

Teks artikel memiliki struktur penulisan mulai dari judul, pendahuluan, penyajian masalah, pembahasan, dan penutup yang dimuat atau dipublikasikan dalam majalah atau media berita serta media informasi lainnya seperti media sosial dan juga jurnal. Artikel dibuat untuk tujuan menyampaikan gagasan yang dilengkapi dengan fakta dan data, dan disajikan dalam bentuk tulisan. Sederhananya, struktur artikel hanya terdiri dari 3 bagian yakni bagian pembuka, isi dan penutup. Bagian pembuka berisi orientasi atau tujuan pembahasan dalam artikel yang ditulis. Bagian isi menjelaskan tentang pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel. Dan bagian penutup berisi kesimpulan yang merangkum semua pembahasan dalam bentuk kalimat kunci yang ringkas dan jelas. Struktur tulisan artikel SEO sama saja dengan artikel pada umumnya, hanya saja nantinya ditambahkan beberapa setting sebelum di publikasikan.

Jenis Artikel SEO

Ada dua jenis artikel pada umumnya yakni artikel ilmiah dan artikel non ilmiah. Artikel ilmiah merupakan tulisan yang berisi informasi faktual dan obyektif dan bisa digunakan pembaca untuk melakukan tindakan, sebagai rujukan, dan bahan perbandingan atau bahkan untuk menambah pengetahuan. Artikel non ilmiah merupakan tulisan tentang pandangan terhadap suatu hal yang lahir sebagai bentuk ekspresi dan kreatifitas penulisnya. Tujuan teks non ilmiah biasanya bertujuan untuk menghibur dan menumbuhkan daya imajinasi pembaca. Kamu bisa menjumpai banyak macam penulis artikel seperti penulis artikel buku, artikel majalah, artikel berita, artikel marketing, artikel online, artikel narasi, dan artikel naskah. Dari sana kamu bisa tahu bahwa jenis artikel ada yang sifatnya deskripsi, eksposisi, narasi, argumentasi, dan persuasi.

Penulisan teks artikel memiliki beberapa ciri khas yakni, pertama, penulisannya dibuat secara ringkas, jelas dan padat agar pembaca mudah memahami isinya. Kedua, tulisan artikel mengandung fakta atau opini yang disampaikan secara obyektif dan dilengkapi dengan data-data pendukung yang valid. Keempat, penulisannya menggunakan bahasa formal dan tidak formal. Kelima, metode penulisan artikel dibuat secara sistematis, bersifat faktual dan informatif. Keenam, tulisan artikel  mengungkapkan informasi yang berdasarkan pada hasil penelitian yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

Pemilihan Keyword dan Topik Artikel SEO

Mengikuti tujuan dari pembuatan artikel SEO, maka artikel yang dibuat harus bisa mendatangkan banyak traffic atau pengunjung. Untuk membuat artikel yang mampu mendatangkan traffic maka topik konten artikel harus disukai dan banyak dicari oleh pembaca. Kamu harus lakukan mini riset untuk mendapatkan topik-topik artikel yang banyak dicari oleh audiens yang dituju misalnya dengan menggunakan Google Trends. Selain itu kamu juga bisa gunakan tools SEMRush atau tools ads.google.com. Dengan menggunakan tools tersebut kamu akan mendapatkan informasi tentang beberapa kata kunci atau keyword yang banyak dicari audiens yang dituju. Tapi, ingat keyword yang difokuskan baiknya berhubungan langsung dengan tema dan identitas website kamu ya.

keyword artikel
Memilih Keyword Artikel

Kamu juga perlu memahami dan memperhatikan search intent (tujuan pencarian) dari pengguna mesin pencarian Google. Search Intent adalah langkah pengguna Google untuk mendapatkan informasi tertentu dengan mengetik kata kunci tertentu pada kolom pencarian (search bar) Google. Yang terpenting dalam pembuatan konten artikel SEO yakni buatlah isi konten artikel kamu bisa menjawab permasalahan pengguna untuk mendapatkan informasi yang lengkap sesuai kebutuhan mereka. Semakin mereka mendapatkan jawaban atas artikel kamu maka konten artikel kamu akan semakin disukai dan dijadikan rujukan. Inilah yang akan mengoptimasi website kamu secara tidak langsung dimana artikel kamu bisa menjadi sumber informasi bahkan sumber rujukan bagi pembaca atau pemilik website lain.

Baca juga: Mengapa Harus SEO?

Setting Tulisan Artikel sesuai Kaidah SEO Website

Bentuk artikel untuk optimasi website pada umumnya sama dengan bentuk artikel-artikel lainnya, hanya saja karena berhubungan dengan algoritma mesin pencarian maka perlu ada setting sedikit dalam publikasi artikel SEO. Berikut ini beberapa teknis yang perlu dilakukan pada artikel yang akan di publikasikan dalam postingan website;

1. Judul Artikel

Tetapkan dan buat judul artikel yang menarik pembaca (human friendly). Dengan judul yang menarik tentunya membuat pembaca penasaran dan ingin meng-klik artikel kamu. Tapi pastikan buat judulnya sesuai dengan isi konten yang dibahas. Buatlah udul yang menggugah pengguna untuk mencari jawaban atas masalah mereka atau setidaknya memberikan manfaat.

2. Keyword Artikel

Masukkan kata kunci atau keyword yang ditargetkan dalam artikel yang dibuat. Pilih dan distribusikan keyword yang kamu targetkan pada artikel tersebut. Masukkan keyword dalam judul artikel (heading 1), sub judul artikel (heading 2, heading 3, dst..), paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup. Jangan terlalu banyak memasukkan keyword dalam artikel karena hal tersebut akan dianggap mesin pencarian sebagai upaya berlebihan untuk menaikkan ranking.

3. Heading Artikel

Buat dan aturlah heading dan subheading dalam penulisan seluruh artikel secara sistematis atau berurutan (H1, H2, H3, H4, …dst), tidak melompat-lompat. Heading itu seperti mengatur topik dan sub topik dalam penulisan artikel pada umumnya. Dalam pengaturan dan penulisan judul heading dan sub heading harus memasukkan unsur keyword yang ditargetkan pada artikel yang dibuat agar selaras dan terintegrasi bahasannya.

4. Link Building Artikel

Bangunlah link (link building) pada tulisan artikel yang akan dipublikasikan. Kamu bisa buat internal link dengan menghubungkan artikel kamu dengan artikel lain dalam website kamu ataupun dengan halaman website lainnya. Selain itu, kamu bisa membuat eksternal link dengan menghubungkan artikel pada sumber rujukan yang relevan (dari website lain atau social media inspirasi).

5. Gambar Artikel

Tambahkan gambar ilustrasi dalam artikel. Selain itu berikan image alt tag dalam gambar tersebut sesuai atau berhubungan dengan keyword artikel. Buat ukuran gambar yang ringan agar tidak berpengaruh terhadap kecepatan website (speed load).

6. Meta Tag Artikel

Mengatur meta tag dalam artikel seperti menyusun meta keyword (focus keyphrase), meta title, slug, dan meta descirption. Ini merupakan bagian penting untuk indexing identitas atau tujuan dari artikel yang kamu publish.

meta tag artikel seo
Contoh pembuatan meta tags untuk artikel seo menggunakan tools yoast seo

7. Jumlah Kata dalam Artikel

Buatlah deskripsi paragraf artikel dengan batasan minimal kata yang memenuhi standar SEO. Jika kamu menggunakan aplikasi Yoast SEO kamu akan bisa menemukan standar minimalnya yakni 400 kata. Tapi, kamu bisa buat lebih banyak hingga 2000 kata akan lebih bagus hasilnya. Hal itu karena mesin pencarian suka dengan konten yang gemuk dan lengkap.

8. Setting Tambahan

Buat beberapa setting tambahan sebelum memposting atau publish artikel. Kamu bisa menambahkah setting seperti menambahkan tags keyword sejenis, mempublish feature image, setting kategori artikel (categories), dan lainnya. Dengan menambahkan setting ini, bisa memudahkan artikel kamu bisa dicari dengan beberapa keyword atau kategori yang mirip.

setting artikel seo

9. Promosikan Artikel

Promosikan artikel kamu ke berbagai platform sosial media seperti instagram, facebook, twitter dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan iklan seperti Google Ads untuk mempromosikan artikel kamu untuk meningkatkan traffic atau kunjungan pengguna. Hal ini juga bisa digunakan untuk kegiatan sharing berbagi informasi dan masukkan. Mungkin dari hasil artikel yang kamu share ada masukkan dari pembaca. Sehingga, kamu bisa memperbaiki dan mengupdate artikel kamu jadi lebih lengkap dan bermanfaat.

10. Update Artikel

Lakukan update atau editing artikel yang sudah kamu publish jikalau ada tambahan informasi yang terbaru ataupun revisi. Semakin update konten artikel kamu tentunya bisa memberikan manfaat bagi pengguna di setiap saat. Semakin bermanfaat maka semakin disukai dan sering dikunjungi serta dijadikan rujukan informasi. Kegiatan update artikel ini juga disukai mesin pencarian dimana hal ini menunjukkan website dan artikel kamu masih produktif dan aktif dikelola.

Untuk panduan pengerjaan artikel SEO agar memenuhi kriteria diatas, kamu bisa menginstall aplikasi Yoast SEO dan dapatkan beberapa fitur yang bisa didaptkan baik gratisan maupun premium (lebih baik)

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi terkait cara menyusun artikel SEO mulai dari menyusun struktur artikel dan membuat setting artikel sesuai kaidah SEO. Semoga informasi ini memberikan manfaat buat kamu ya. Jika kamu kesulitan dalam membuat artikel SEO, silakan konsultasikan pada ahlinya. Atau jika kamu membutuhkan jasa pembuat artikel SEO dan website SEO, silakan hubungi admin ahliseosurabaya.com dan dapatkan layanan terbaik.

“Urusan SEO Anda akan menjadi Murah dan Mudah jika ditangani oleh Ahlinya”

Baca juga: Jasa SEO atau Google Ads, Pilih Mana?