Banyak sekali artikel yang mengulas tentang SEO dan Google Ads. Seakan keduanya tak bisa dipisahkan dalam pembahasan usaha optimalisasi website di mesin pencarian Google. Namun, SEO dan Google Ads memiliki prinsip langkah yang berbeda dalam mengoptimalkan website Anda. Berikut, akan kami paparkan apa itu SEO dan bedanya dengan Google Ads serta kelebihan dan kekurangannya. Hal ini akan menjadi pertimbangan Anda dalam menilai dan memilih, lebih baik pakai Jasa SEO atau Google Ads?.

Apa itu Google Ads?

Google Ads merupakan SEM atau Search Engine Marketing yang berfungsi untuk memasarkan situs atau website melalui mesin pencarian secara non organik (berbayar). Komponen utama SEM ini yakni kampanye atau iklan dan pay per cliks (PPC). Dalam terapannya, Google Ads (dulunya Google Adwords), merupakan salah satu platform untuk iklan yang banyak digunakan saat ini. Sebelum beriklan, baiknya anda memiliki website profil usaha Anda agar lebih optimal (usaha organik). Setelah itu, baru buatlah landing page untuk di iklankan pada pasar sasaran Anda. Perpaduan usaha organik dan non organik (Ads) akan meningkatkan performa website Anda.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan usaha untuk menjadikan website berada pada halaman pertama mesin pencarian seperti Google melalui pencarian organik. Usaha untuk melakukan SEO bisa dilakukan oleh pemilik website sendiri atau menggunakan jasa seo terpercaya. Yang menjadi perbedaan utama SEO dengan Google Ads adalah usaha yang dilakukan oleh SEO berfokus memanfaatkan penggunaan kata kunci tertentu dalam website dengan cara organik (tidak membayar mesin pencarian). Ada 2 prinsip utama dalam SEO, yakni:

1. Prinsip On Page

Prinsip on page SEO adalah usaha mengatur semua konten di dalam website atau blog agar mudah di index mesin pencarian seperti Google. Dalam penerapannya banyak sekali pengaturan yang dilakukan seperti, penggunaan keyword pilihan dalam tag dan meta description, format URL yang baik, menggunakan heading yang tepat (H1, H2, dst), pemilihan gambar, memperhatikan kecepatan loading situs, keterhubungan antar halaman, dan lain sebagainya. Konten yang baik dan komprehensif akan memudahkan proses ini.

Baca juga: 4 Cara Penting untuk SEO On Page Tahun 2020

2. Prinsip Off Page

Berbeda dengan prinsip on page yang lebih banyak berfokus pada konten di dalam website. Prinsip off page optimization lebih berfokus pada usaha mempromosikan website dari luar website Anda sendiri. Tujuan Off page tidak lain untuk mengangkat reputasi website di mesin pencarian. Dalam penerapannya, yang mempromosikan website Anda bukan dari dalam konten website Anda sendiri tapi berasal dari luar website Anda. Semakin banyak situs lain yang mempromosikan atau merekomendasikan website Anda, maka akan meningkatkan reputasi website Anda, sehingga mengangkat posisi website di rank pertama mesin pencarian. Situs lain yang memiliki rank lebih tinggi ataupun banyaknya situs lain yang datang dalam website Anda bisa berpengaruh besar dalam off page ini. Semakin organik atau original semakin baik. Analoginya: 1 pejabat merekomendasikan Anda dibandingkan 100.000 warga biasa yang merekomendasikan Anda.

Apa Beda SEO dan Google Ads?, Inilah Bedanya Menggunakan Hasil Jasa SEO dengan Google Ads.

Dari penjelasan diatas, ditemukan perbedaan prinsip yakni SEO merupakan cara optimasi website dengan cara murni organik sedangkan Google Ads dengan cara berbayar (iklan). Mungkin Anda bertanya, lebih baik mana antara SEO dengan Iklan Google Ads?. Baiknya Anda melakukan usaha keduanya. Namun, jikalau Anda memiliki keterbatasan tersendiri, maka Anda perlu menetapkan pilihan. Disini, akan kami paparkan kelebihan dan kekurangan antara SEO dengan Google Ads, dan tentunya yang membedakan target hasil jasa SEO dengan Google Ads. Inilah 4 perbedaan berdasarkan pengalaman kami:

1. Iklan Google Ads Lebih Cepat, SEO Lebih Tahan Lama

Dengan Google Ads, Anda memiliki waktu lebih cepat untuk menampilkan iklan atau kampanye website Anda kurang lebih 30 menit. Berbeda dengan SEO, Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menampilkan artikel atau halaman website dalam posisi top 10 mesin pencarian Google. Anda mungkin membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan agar bisa masuk di posisi terbaik Google, dan biasanya akan stabil hingga 6 bulan atau lebih lama lagi. Semakin tinggi persaingan keyword biasanya semakin lama bertahannya.

2. Iklan Google Ads Jangkauan Lebih Besar, SEO Semua Halaman Landing Pages

Untuk iklan Google Ads, Anda cukup menyiapkan 1 landing pages yang disetting dengan ribuan keyword tertarget. Berbeda dengan SEO, dalam setiap halaman atau artikel memiliki batasan penggunaan keyword. Untuk itu, banyak halaman dan artikel SEO merupakan landing pages. Jika semua masuk di halaman terbaik Google dan bertahan lama maka akan menguntungkan bisnis Anda.

3. Google Ads Fokus Penjualan (Selling), SEO Kuat Membangun Kepercayaan (Branding)

SEO sangat menekankan komprehensifitas dan keselarasan konten serta aktifitas website. Penyusunan struktur bangunan website dirancang secara rapi, setiap halaman (pages) dan artikel sudah dirancang keyword (kata kunci) dan harus memiliki keterhubungan satu sama lain. Semua halaman website ataupun artikel berisi berbagai konten yang menggambarkan profil, produk, layanan serta keunggulan-keunggulan lainnya dalam suatu website. Kebaruan konten, keunikan dan kemenarikan konten akan menjadi penilaian lebih bagi para pengunjung. Berbeda dengan Google Ads, tujuan utama adalah untuk meningkatkan penjualan (selling) dengan cepat dan tepat. Dengan pay per cliks (PPC), orang dapat mengunjungi sebuah landing pages yang bertujuan untuk konversi (pembelian). Konten yang ada dalam landing page berfokus pada konversi.

4. Iklan Google Ads Mudah Dipelajari, SEO Memiliki Aturan Tidak Baku

Yang menjadi alasan utama kenapa Google Ads mudah dipelajari dikarenakan Google sendiri memiliki program belajarnya dalam platform Academy for Ads dan bahkan mengadakan sertifikasi. Berbeda dengan Google Ads, SEO tidak mudah dipelajari dikarenakan Google tidak pernah mempublikasikan aturan baku untuk SEO. Google hanya memberikan panduan SEO secara umum. Google tidak pernah membuka secara gamblang bagaimana penerapan setiap algoritma rangking dalam SERP bekerja ataupun mengadakan sertifikasi. Banyak konsultan SEO yang mempraktekkan apa SEO dengan langkah-langkah yang dianggap bekerja baik. Algoritma Google yang selalu update, membuat para konsultan atau ahli seo untuk belajar terus menerus dalam optimasi website.

jasa google ads surabaya

Mana yang Lebih Terjangkau? Menggunakan Jasa SEO atau Google Ads?

Semua pasti tahu bahwa untuk memasarkan lewat iklan pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi, untuk melakukan iklan bisa dimulai bertahap dari harga ratusan ribu, juta-an, puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Untuk itu, menggunakan Google Ads dibutuhkan anggaran untuk pay per clicks (PPC). Berbeda, SEO merupakan cara optimalisasi website yang tidak perlu membayar Google. Hanya saja, Anda harus memiliki banyak pengetahuan algoritma dan menguasai berbagai teknik agar bisa menjalankan SEO serta berlangganan tools tertentu. Selain itu dibutuhkan konsistensi, menyediakan waktu yang banyak untuk mengupdate konten. Maka dari itu, jasa SEO masih banyak dibutuhkan dibandingkan melakukan SEO sendiri. Harga untuk Jasa SEO yang dibayarkan adalah untuk harga jasanya, sedangkan untuk Google Ads harga yang harus dibayarkan adalah anggaran PPC dan juga jasa pengiklan.

Baca juga: 10 Layanan Spesial Paket SEO Lengkap & Murah Tahun 2020

Bagaimana? Apakah Anda Tertarik Menggunakan Jasa SEO atau Google Ads?

Semua orang sebenarnya bisa melakukan Google Ads sendiri karena Google memberikan banyak panduan tentang Google Ads, selain itu juga banyak tutorial Google Ads. Namun, jika Anda masih kesulitan atau tidak memiliki waktu lebih untuk melakukan setting Google Ads, Anda bisa menggunakan Jasa Google Ads terpercaya. Sama halnya dengan SEO, jika Anda kesulitan dikarenakan untuk melakukan SEO dibutuhkan waktu, tenaga, dan konsistensi yang tinggi, maka Anda bisa menggunakan Jasa SEO profesional. Namun, apabila ada keterbatasan anggaran yang menyebabkan Anda harus memilih, maka;

Gunakan Jasa SEO, jika:

  • Tujuan Anda tidak untuk meningkatkan penjualan jangka pendek tapi membangun branding kuat untuk penjualan jangka panjang (bertahan lama)
  • Anda memutuskan untuk tidak bergantung pada biaya rutin (bulanan) untuk iklan sepanjang waktu
  • Anda mendapatkan rekomendasi jasa seo profesional dan terpercaya

Gunakan Jasa Google Ads, jika:

  • Tujuan Anda ingin meningkatkan penjualan jangka pendek (cepat mendapakan pembeli).
  • Perusahaan Anda sangat memfokuskan pada penjualan besar-besaran.
  • Perusahaan Anda memiliki budget yang siap ditingkatkan terus untuk PPC.
  • Anda mungkin memiliki produk baru yang sedang diluncurkan, sehingga Anda ingin mengadakan test pasar.

Jika Anda membutuhkan Jasa SEO dan Jasa Google Ads, silakan kunjungi ahliseosurabaya.com. Dapatkan konsultasi gratis terkait SEO dan Google Ads sebelum Anda mendapatkan layanan termurah dan terbaik kami.