Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa untuk melakukan SEO membutuhkan beberapa tahapan. Awal kali Anda harus memastikan kondisi website sudah memenuhi syarat website yang SEO Friendly atau tidak, melakukan riset dan analisa keyword, mengisi konten website dengan SEO On Page, kemudian melakukan SEO Off Page dan Maintenance secara rutin. Pada artikel ini, kami fokuskan pada pembahasan cara menerapkan strategi SEO On Page pada website. SEO On Page merupakan bagian utama dan terpenting dari semua rangkaian proses SEO. Mayoritas pekerjaan SEO banyak dilakukan dalam tahapan ini. Apalagi dengan perkembangan Algoritma Google yang sangat berfokus pada pelanggan dan konten berkualitas, menjadikan posisi tahapan ini menjadi sangat krusial agar website bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman Google. Artikel dibawah ini membahas 4 cara penting untuk melakukan SEO On Page pada website bisnis Anda.

4 Cara Penting SEO On Page

Prinsip cara melakukan SEO On Page adalah melakukan optimalisasi keyword dalam susunan konten yang berkualitas. Maksud berkualitas adalah bermanfaat dan berfungsi untuk pengguna, sehingga banyak dikunjungi dan dicari pengguna internet. Dengan semakin banyak dikunjungi maka akan meningkatkan traffic website di mesin pencarian. Dalam penyusunan konten juga tidak asal-asalan, harus disertai dan diselaraskan dengan desain website serta keyword yang ditargetkan. Berikut ini beberapa tahapan yang dilakukan untuk melakukan SEO On Page.

1. Penyusunan Meta Tag

Dalam menyusun Meta Tag, yang harus diperhatikan adalah jangan lupakan untuk memasukkan keyword yang sudah dipilih. Asumsinya keyword yang sudah Anda pilih adalah keyword yang sudah diproses melalui hasil riset dan analisa yang tepat. Meta Tag harus diisi dengan keyword-keyword yang tepat agar bisa mendatangkan pengunjung sesuai harapan. Ada 5 Meta Tag Utama yang harus Anda isi sebagai berikut:

a. Tittle Tag

Dalam menyusun Tittle Tag harus memasukkan keyword utama, karena keyword tersebutlah yang mampu menjaring pengunjung. Prinsip dalam menyusun Tittle Tag adalah menyusun judul page yang mampu menarik pengunjung tertarget sehingga mau meng-klik dan berkunjung ke halaman website Anda. Dalam website winanusantaraexpress.com terlihat Title Tagnya yaitu “Pengiriman Barang Surabaya Attambua | Ekspedisi Kargo….”. Dalam Title Tag tersebut sudah mengandung keyword misalnya pengiriman barang Surabaya, ekspedisi Surabaya Attambua atau pengiriman barang Surabaya Attambua.

cara seo on page

b. Meta Description Tag

Meta Description berisi tentang deskripsi singkat yang menjelaskan tentang website yang Anda miliki. Dengan deskripsi singkat tersebut, pengguna internet atau pencari informasi akan memahami kedudukan website Anda secara umum. Dalam Meta Description ini, Anda bisa mengisi terkait produk atau layanan utama yang Anda jual atau sekilah profil usaha Anda. Contohnya: dalam website ahliseosurabaya.com dibawah ini diketahui Meta Description Tagnya yaitu “Ahli SEO Surabaya menawarkan 3 paket layanan jasa SEO Surabaya Murah yakni Paket SEO Lengkap, Paket Artikel SEO, dan Desain Website SEO Friendly.

cara seo on page

c. Meta Keyword Tag

Setiap halaman website harus diisi dengan keyword utama maupun turunan yang Anda targetkan. Masukkan semua keyword yang Anda pilih, bisa puluhan hingga ratusan keyword. Asumsinya keyword-keyword tersebut sudah Anda susun dan rencanakan secara matang. Anda sudah memilah keyword utama yang disisipkan ke setiap page atau halaman website serta ke setiap artikel yang nantinya akan dibuat untuk meningkatkan traffic pengunjung. Sebagai catatan penting, jangan melakukan pengulangan keyword antara satu tulisan dengan tulisan lainnya, karena bisa dianggap spamming oleh Google. Contoh pemilahan keyword sebagai berikut:

Jenis Keyword Home Layanan Artikel
Keyword Utama/ Umum Jasa Ekspedisi, atau Jasa Pengiriman Barang   Jasa Ekspedisi Surabaya, atau Pengiriman Barang Surabaya  
Keyword Turunan/ Spesifik     Jasa Ekspedisi Murah, Jasa Ekspedisi Murah Surabaya, Jasa Ekspedisi Surabaya Murah, Ekspedisi Cepat, Ekspedisi Cepat Surabaya, Ekspedisi Kargo Surabaya, Ekspedisi Via Laut, Pengiriman Motor Surabaya Banjarmasin, Ekspedisi Kendaraan Murah, Dst.

d. Img Alt Tag

Tahapan ini merupakan langkah memberikan ilustrasi gambar (image) sebagai salah satu bagian konten website disertai dengan menyisipkan keyword tertentu yang mewakili gambar. Memberikan ilustrasi gambar penting untuk meningkatkan daya tarik ke pengunjung dan memudahkan index mesin pencarian. Ilustrasi semakin memudahkan pengunjung untuk memahami maksud tulisan yang Anda buat. Sebaiknya setiap satu gambar hanya disisipkan 1-2 keyword saja.

e. Body Tag

Prinsip Body Tag adalah menyusun serangkaian kalimat atau deskripsi yang mewakili identitas, fungsi atau aktifitas website Anda. Dalam deskripsi tersebut disisipkan keyword yang sudah Anda pilih dan rencanakan untuk setiap page dalam website. Deskripsi baiknya disusun sebaik mungkin agar mudah dipahami serta menarik jika dibaca oleh pengunjung. Contoh salah satu page Body Tag pada website khaelawedding.com sebagai berikut:

body tag

2. Penyusunan Struktur Konten Berkualitas untuk SEO On Page

Penyusunan konten sebenarnya bagian dari Body Tag yakni melengkapi setiap halaman website dengan deskripsi tulisan yang menjelaskan tentang berbagai hal seperti profil, produk, layanan, artikel dan lainnya. Algoritma terbaru Google saat ini sangat berfokus pada penyajian konten berkualitas. Untuk menyusun konten, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebagai berikut;

  • Topik konten sebaiknya relevan dan konsisten dengan fungsi website bisnis Anda.  Jika website Anda berfungsi untuk pemasaran produk kecantikan maka setiap konten tulisan baik di page maupun post artikel harus berhubungan dengan produk kecantikan. Anda bisa memanfaatkan Google Trends untuk mencari topik yang akan menghadirkan banyak pengunjung.
  • Dalam setiap konten tulisan disisipkan keyword yang sudah dipilih dan ditargetkan. Pastikan tidak ada pengulangan keyword antar tulisan satu dengan lainnya agar tidak dianggap upaya spamming.
  • Jumlah kata dalam setiap tulisan tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak. Anda bisa membuat tulisan artikel sebanyak minimal 500-2000 kata.
  • Tulisan yang Anda buat juga harus readability yakni mudah dipahami oleh pembaca atau pengunjung web serta mesin pencarian. Penyusunan kalimat pasif dan aktif secara seimbang juga diperlukan dalam penulisan konten. 
  • Baiknya tulisan didukung dengan gambar ataupun video untuk ilustrasi yang menarik. Saat ini, penggunaan video seperti youtube bahkan banyak disukai pengguna internet.
  • Dalam menyusun konten jangan lupa menggunakan Header yang tersusun rapi mulai dari H1, H2, H3, dan seterusnya.
  • Membangun internal link antar satu tulisan dengan tulisan lainnya. Konten yang bagus adalah yang berkelanjutan dan berhubungan satu sama lain, dengan demikian akan membuat pengunjung betah berlama-lama di website Anda. Internal link selain berfungsi untuk memudahkan mesin pencarian memahami identitas website Anda juga untuk mengurangi bounce rate.
  • Buat konten yang original, baru, dan tidak copy paste dari tulisan orang lain. Originalitas dan kebaruan konten sangat disukai mesin pencari.
  • Gunakan plugin wordpress Yoast SEO atau lainnya untuk memastikan konten sesuai kriteria.

3. Tampilan Harus Mobile Friendly

Pastikan desain seluruh konten dalam website Anda sudah mobile friendly. Mobile friendly sudah menjadi syarat mutlak agar website kamu disukai banyak orang saat ini. Website Anda bisa lebih mudah diakses dan menarik baik dari tampilan desktop, tablet ataupun handphone. Anda mungkin pernah melihat ada tampilan website yang sulit diakses melalui handphone atau tampilannya acak-acakan, itu termasuk website yang tidak mobile friendly. Cara mudah agar website mobile friendly Anda bisa menggunakan CMS dan Tema yang sudah memiliki fitur mobile friendly misalnya wordpress.org

4. Hindari Black Hat Optimization untuk SEO On Page

Cara yang dilakukan untuk membangun SEO On page harus secara natural atau White Hat SEO. Dalam melakukan SEO, hindari teknik Blackhat SEO, karena walaupun mampu membuat website Anda masuk di halaman 1, tapi itu hanya sementara saja, bahkan bisa berdampak buruk pada website Anda yang akan di banned atau dihapus oleh mesin pencarian. Teknik Black Hat SEO digunakan untuk mengakali mesin pencarian seperti Google agar website menempati urutan terbaik. Teknik tersebut dilakukan dengan membuat manipulasi seperti page cloaking atau lainnya. Contoh page cloaking seperti membuat keyword di halaman body website kemudian disamarkan dan di link ke halaman yang dikhususkan utuk search engine yang sudah diisi banyak keyword. Jika Anda banyak melakukan teknik curang tersebut maka tinggal menunggu waktu untuk website Anda di banned atau di blokir oleh mesin pencarian.

Baca juga: 7 layanan spesial pembuatan website yang SEO friendly Tahun 2020

Kesimpulan

Itulah serangkaian cara melakukan SEO On Page. Banyak hal yang dilakukan untuk melakukan SEO On Page mulai dari mengisi Meta Tag (Title Tag, Meta Description Tag, Meta Keyword Tag, Image Alt Tag, Body Tag) hingga mengisi konten dan artikel bermanfaat secara rutin. Dan harus diingat buat konten berkualitas karena Algoritma terbaru Google sangat berfokus pada konten.

Konten yang sudah Anda rencanakan dengan baik dan telah disusun dalam sebuah tulisan yang rapi memenuhi persyaratan diatas maka berpotensi cepat di index Google. Jika konten sukses menarik banyak pengunjung dan juga memenuhi algoritma mesin pencarian maka akan berpeluang besar setiap page atau post artikel Anda dimasukkan dalam halaman pertama Google. Tidak hanya itu, bisa diposisikan dalam ranking atau urutan terbaik.  Namun, ada persyaratan utama yang harus dimiliki sebelum Anda melakukan SEO On Page yakni memiliki Domain dan Hosting Premium serta kemampuan Teknik Design Creative.